Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah lele malam hari harus dikasih makan?

Ilustrasi ikan lele makan, sumber gambar: dkpp.bulelengkab.go.id

Banyak pemula budidaya yang akan bertanya pertanyaan demikian. Tentu bukan tanpa alasan, karena pastilah para peternak ikan pemula itu sudah menyaksikan sendiri bagaimana aktifitas ikan lele ketika malam hari, termasuk saya. 

Ikan Lele adalah hewan nokturnal

Ikan lele adalah salah satu ikan predator di alam yang bersifat nokturnal, artinya mereka akan senantiasa gerak aktif di malam hari untuk mencari makan.

Hal ini merupakan sifat alamiah dari lele sendiri mengapa mereka beraktivitas seperti demikian. Salah satu alasannya adalah sebagai bentuk pertahanan diri dan penyesuaian diri ketika di alam liar.

Pemberian pakan lele waktu malam hari bagaimana?

Karena kita ketahui sendiri sifat dari lele yang aktif mencari makanan di malam hari, maka pemberian pakan untuk ikan lele kita di kolam adalah wajib. Mengapa demikian? Karena ikan lele adalah hewan yang kanibal. 

Lele akan memangsa temannya sendiri walaupun sama-sama ikan lele jika merasa kelaparan. Terutama jika teman lelenya itu berukuran kecil. 

Jadi jika anda memelihara ikan lele sejak bibit, katakanlah bibit lele anda ukuran 4-6. Jika setelah beberapa hari anda melihat sudah ada satu atau dua yang berukuran jumbo bisa jadi dia sudah memakan temannya sendiri.

Walaupun tidak semuanya begitu, karena pertumbuhan bibit lele pasti tidak akan sama plek. Andai saja kita bisa menyuapi satu-satu bibit lele itu, jadi pemberian pakan rata, mungkin kita akan mendapatkan pertumbuhan ikan lele yang seragam. Tapi itu tidak mungkin. 

Bisa dibaca juga: Penggunaan daun pepaya untuk memperbaiki kualitas air kolam ikan