Tips Memilih Bibit Lele yang Bagus bagi Pemula

Dalam dunia budidaya apapun, khususnya lele, kondisi bibit yang bagus akan berpengaruh kepada proses budidaya dan hasil produksi. 

Semakin bagus dan terjamin kualitas bibit, maka hasil budidaya memiliki peluang keberhasilan yang paling tinggi.

ukuran bibit lele, sumber gambar:gdmagri.com


Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa menjadi tambahan pertimbangan ketika sobat sarempah.com akan membeli bibit lele untuk usaha budidaya kita:

1. Pilih penjual bibit yang terpercaya

Penjual bibit yang terpercaya biasanya ditandai dengan sudah memiliki banyak pelanggan yang secara rutin memesan bibit darinya. 

Kita juga bisa melihat dari berapa lama masa usaha penjual bibit itu beroperasi. Semakin lama umur usaha penjual bibit tersebut, maka tingkat kepercayaannya juga semakin tinggi.

Setiap usaha pasti yang dicari adalah untung. Dengan berjalannya usaha bibit lele itu semakin lama, maka itu adalah indikasi bahwa mereka mendapat keuntungan dari usaha mereka tersebut. Semakin untung penjual tersebut, berarti semakin banyak pula bibit yang dijual dan semakin terbukti pula bahwa bibit yang dijual memiliki kualitas yang cukup bagus.

Namun ada satu opsi paling masuk akan jika tidak ingin repot mencari info mengenai penjual, yaitu dengan mendatangi balai benih air tawar. 

2. Pilih bibit lele yang berukuran cukup besar 

Ukuran bibit lele akan menentukan seberapa lama masa panennya dan seberapa besar modal yang kita butuhkan untuk membelinya.

Semakin besar ukuran bibit, maka bibit akan semakin tahan dan kuat selama dalam masa perjalanan dari penjual ke kolam sobat sarempah.com. 

Tingkat adaptasinya juga semakin cepat seiring dengan besarnya ukuran bibit tersebut. 

Namun ukuran benih juga berkaitan dengan harga benih. Semakin besar benih semakin mahal.

Ada satu pertimbangan yang paling penting mengenai ukuran benih yang kita beli, yaitu pakan benih. Benih atau bibit lele ukuran kecil membutuhkan makanan yang lebih kecil dan berprotein yang tinggi. 

Makanan bibit yang sesuai dengan spesifikasi bibit lele memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan pakan untuk lele yang lebih besar, karena menyesuaikan dengan mulut lele tingkat penyerapan pakan.

Para pelaku usaha bibit lele biasanya menggunakan cacing sutera yang memiliki ukuran kecil namun memiliki nutrisi yang sangat tinggi. Tentu hal ini akan menyusahkan kita jika harus selalu berganti jenis pakan seiring dengan pertumbuhan ikan lele.

 3. Perhatikan kondisi air dan lingkungan kolam penjual bibit lele

Pada poin ini hanya bisa kita lakukan jika kita mengetahui lokasi penjual bibit lele dan kita secara langsung melihat ke sana.

Umumnya lele yang masih dalam bentuk bibit hidup dalam lingkungan yang cukup bersih, sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan induknya untuk memijah.

Hal itulah yang menjadi indikator akan kualitas bibit lele. Bibit lele akan sebanding kualitasnya jika kondisi air dan lingkungan lele itu bersih, jauh dari pencemar.

4. Perhatikan kelengkapan keamanan dalam transportasi bibit lele

Penjual yang baik tentu akan mengerti kebutuhan dari bibit lele untuk bisa bertahan dari tempat penjual sampai kolam pembeli.

Mereka biasanya menyediakan plastik besar yang didobel dan tabung oksigen.

Dengan tercukupinya oksigen, maka peluang hidup bibit lele semakin tinggi, dan sebaliknya jika ketersediaan oksigen rendah.

Nah, jika lokasi kolam sobat jauh dari penjual namun penjual tidak menyediakan oksigen dan plastik besar, maka sebaiknya kita urungkan saja niat. Kecuali jika harganya sangat murah, kualitas bibit baik, namun kita yang membawa sendiri plastik besar dan oksigennya.

Baca juga: Mengenang Jamu Beras Kencur, Jamu Penambah Selera Bocil

5. Cari informasi dan testimoni

Kita dapat mengetahui informasi dan testimoni dari pembeli lele atau rekan anda yang juga bergelut dalam budidaya lele.

Hal ini sangat penting, karena pengalaman mereka yang telah berkecipung adalah nyata.

Tentu setiap pengusaha budidaya memiliki cara masing-masing dalam menangani bibit pada awal pembelian, pemeliharaan awal sampai akhir. Namun itu semua bisa menambah wawasan kita mengenai bibit model apa dan dari mana asal bibit tersebut yang sesuai dengan yang kita inginkan.

 6. Ada harga ada rupa

Secara umum bibit lele yang berkualitas memiliki harga yang lebih pantas sesuai dengan kualitasnya.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kami sampaikan sebagai pertimbangan bagi saya sendiri dalam menentukan dan membeli bibit lele untuk budidaya ikan lele.

Semoga beberapa patah kata di atas dapat berguna bagi kita semua.


Posting Komentar