Hasil Penelitian: Ternyata Jahe Merah Bisa Menurunkan Asam Urat

Cerita Pak Bos Terkena Asam Urat

Untuk mengawali tulisan ini saya ada sebuah cerita. Suatu pagi saya berangkat pergi ke kantor. Rutinitas sehari-hari, bekerja dari jam 8 pulang jam 3 sore. 

Hal biasa yang sering saya lakukan ketika sampai di kantor adalah menyapa teman kerja. Semua saya sapa, karena kantornya hanya seruangan juga.

Pagi itu rupanya semuanya ada, kecuali pak bos. Lalu saya duduk dan nggarap semua garapan saya.

Hingga siang hari pak bos baru nongol di kantor, namun cuma sebentar. Dia langsung turun lagi ke lantai bawah dan mengerjakan pekerjaannya di lantai bawah. Oiya, kantor kami berada di lantai atas, di sebuah rumah yang bertingkat 2.

Rupanya pak bos sedang terkena asam urat dan terjadi nyeri di bagian bawah tubuhnya, khususnya kaki.

Beberapa saat berlalu dan dia sudah sembuh. Alhamdulillah. 


Pengertian Asam urat dan penyebab

Asam urat adalah sebuah penyakit yang menyerang persendian. Orang yang terkena penyakit ini biasanya mengalami nyeri pada sendi tubuhnya, seperti pergelangan kaki, jari-jari kaki dan menurut alodokter bagian yang paling sering adalah jempol kaki.


asam urat, sumber gambar: merdeka.com


Orang yang mengalami penyakit asam urat terjadi penimbunan asam urat pada bagian tubuhnya. Kemudian pada bagian tubuh yang selalu gerak aktif dan terjadi gesekan seperti sendi akan secara langsung menerima dampak.

Penderita asam urat adalah mereka yang tubuhnya memproduksi asam urat dalam jumlah yang berlebihan. Jumlah yang berlebih itu tidak oleh tubuh tidak mampu mengolah semua dan dibuang oleh sistem ekskresi sehingga tertimbun dalam tubuh. Walhasil badan jadi sakit dan nyeri sendi.


Jahe Ternyata Bisa Menurunkan asam urat

Sebuah publikasi jurnal dari Fitofarmaka Indonesia (JFFI) mengungkapkan sebuah penelitian tentang aktifitas ekstrak jahe terhadap asam urat. Publikasi itu dapat anda baca di sini. Pada jurnal itu disebutkan bahwa jahe yang digunakan adalah jahe merah. 

Penelitian ini tidak dilakukan secara langsung pada manusia, namun pada kelinci sebagai kelinci percobaan. 

Hasil dari penelitian itu menyebutkan bahwa senyawa bioaktif dalam jahe merah yaitu senyawa 6-gingerol memperlihatkan kemampuan untuk menurunkan asam urat pada kelinci. 

Hasil penelitian ini adalah sebuah angin segar bagi penderita asam urat. Dengan mengonsumsi jahe merah ini, ternyata bisa mengobati penyakit kita. Daripada kita harus meminum obat kimia, lebih baik mencegah timbulnya asam urat berlebih dengan cara konsumsi jahe. Dengan mencegah timbulnya nyeri, maka cedera fatal dari penyakit itu kepada sendi kita bisa dihindari. 

Baca juga: Ternyata Bidara dan Betadine Sama Efektif dalam Penyembuhan Luka: Hasil Penelitian

Resep Praktis Ramuan Jahe Untuk Asam Urat

Bahan-Bahan:

1. Jahe merah 5 cm

2. 1 sendok Madu

3. 1/2 Jeruk Lemon/nipis

4. Setengah gelas air putih hangat

5. Setengah gelas air putih panas


Pengolahan dan Konsumsi

1. Bersihkan semua bahan yang ada, jahe merah dan 1/2 jeruk lemon/nipis

2. Gemprek memarkan jahe dan masukkan dalam gelas berisi 1/2 gelas air panas

3. Aduk sekali dan diamkan selama 7 menit

4. Campurkan dengan 1/2 gelas air hangat, jeruk dan madu

5. Konsumsi 2x sehari, pagi hari dan sore hari



Posting Komentar