Facebook down, di manakah letak server utama (data center) facebook?

Publik semalam dihebohkan dengan mandeknya layanan facebook, yang berefek juga pada layanan media instagram dan facebook. Sontak semua orang di dunia ketar-ketir, karena milyaran pengguna sangat bergantung sekali dengan layanan media tersebut.

Selama kurang lebih 5 jam facebook menghilang dari peredaran dunia maya. Milyaran orang seperti menjadi bisu mendadak. Area komunikasi kita semua menjadi terputus. Begitu mengerikannya dunia kita saat ini. Ketergantungan terhadap internet, khususnya sederet aplikasi facebook dan anak-anaknya ini sangat besar sekali.


Data Center Facebook, sumber gambar: FB Mark Zuckerberg


Penyebab Facebook down

Karena layanannya sendiri 'down', lewat twitter facebook mengabarkan keadaannya. Terjadi sesuatu pada infrastruktur internet di mana tiap data center atau server utama yang dimiliki oleh facebook terputus komunikasinya.



Otomatis dengan terputusnya komunikasi itu, berhentilah layanan facebook dan kawan-kawannya. Facebook tidak menjelaskan secara detil apa yang menyebabkan hal ini terjadi. Hanya penjelasan politik normatif biasa, ala politikus karena facebook adalah perusahaan juga yang mencari uang.

Bisa jadi Putus komunikasi antar data center itu terjadi karena masalah teknis jaringan, sehingga memang perlu waktu untuk kembali bekerja. Bisa jadi juga karena terjadi kesengajaan interupsi oleh pihak-pihak tertentu (hacking). 

Baca juga: Artis-artis Cantik yang Doyan Minum Jamu dan Herbal

Letak Data Center Facebook (Server Utama Facebook)

Mengolah dan menyimpan data milyaran manusia tentu membutuhkan data center yang besar. Facebook memiliki banyak datacenter di seluruh penjuru bumi. Berikut lokasi datacenter facebook yang dilansir dari datacenterlocation.com


Facebook Data Centers

Lokasi

Odense Data Center

Southern Denmark, Denmark

Clonee Data Center

Leinster, Ireland

Singapore Data Center

Tanjong Kling, Singapore

Luleå Data Center

Norrbotten County, Sweden

Huntsville Data Center

Alabama, USA

Newton Data Center

Georgia, USA

DeKalb Data Center

Illinois, USA

Altoona Data Center

Iowa, USA

Papillion Data Center

Nebraska, USA

Los Luna Data Center

New Mexico, USA

Forest City Data Center

North Carolina, USA

New Albany Data Center

Ohio, USA

Prineville Data Center

Oregon, USA

Gallatin Data Center

Tennessee, USA

Fort Worth Data Center

Texas, USA

Eagle Mountain Data Center

Utah, USA

Henrico Data Center

Virginia, USA


Data Center facebook yang paling dekat dari negara kita ada di negara Singapura, yang terletak di Tanjung Kling. Data Center ini juga merupakan data center pertama di asia pasifik yang diluncurkan pada tahun 2018.


Data Center Tanjung Kling, Singapura, Sumber gambar: datacenterlocation.com


Selain di Singapura, data center facebook juga tersebar di benua eropa yaitu di Irlandia dan Swedia dan yang paling banyak adalah di Amerika.


Data Center di Irlandia, sumber gambar: fortune.com

Di bawah ini adalah postingan mas Mark soal datacenternya di Swedia, Lulea Data Center, yang letaknya tidak jauh dari laut arktik, kutub utara. Daerah sedingin itu masih butuh kipas angin untuk sirkulasi udara. Kebayang betapa besar kerja datacenter ini dan berapa banyak energi yang diperlukan. 


Posting Komentar