Rempah Dapur Penghancur Lemak

Berat badan ideal adalah kondisi yang diinginkan oleh sebagian besar manusia yang hidup di dunia ini. Dengan berat badan yang proporsional dengan bentuk dan tinggi tubuh, maka banyak keuntungan yang didapatkan dibandingan dengan berat badan berlebih. 


Berikut ini beberapa keuntungan yang didapat dari berat badan yang ideal:

  • Keuntungan pertama yang didapat adalah kebebasan bergerak. Ultimate freedom atau kebebasan tertinggi. Istilah ini pasti akan mendapatkan voting dari mereka yang telah merasakan kondisi di mana mereka bisa terlepas dari beban lemak badan sehingga bisa bergerak bebas tanpa perlu khawatir dari resiko kelebihan berat badan yang bisa membuat cidera.
  • Keuntungan selanjutnya adalah meningkatkan kulitas kesehatan. Kesehatan adalah the real ultimate freedom. Berat badan berlebih berarti resiko penyakit untuk tumbuh meningkat dan tingkat kesehatan menurun. Dengan badan yang terlalu banyak lemak maka otomatis gerak badan akan terbatasi dan tubuh menjadi lebih pasif. 

Tubuh yang pasif berarti banyak organ tubuh tidak terlatih untuk bekerja sehingga metabolisme tubuh melambat. Kondisi badan yang tidak terlatih seperti ini lah yang membuat badan tidak tangguh sehingga lebih mudah cidera atau terkena penyakit daripada mereka yang memiliki badan terlatih. 

Maka dari itu dengan berat badan yang ideal gerak tubuh kita bisa lebih banyak dan tubuh kita menjadi lebih aktif. Dengan aktivitas yang cukup maka tubuh akan menjadi semakin kuat dan tahan terhadap gempuran penyakit.

  • Keuntungan ketiga adalah faktor estetika atau keindahan. Masalah klasik namun menjadi alasan utama orang-orang, entah wanita atau pria menurunkan berat badan adalah faktor estetika atau keindahan. Lemak di tubuh menjadi penghalang pandangan bagi tubuh kita yang sebenarnya yang semuanya pasti indah secara kodrati.

Dengan menghilangkan keberadaan lemak, misalnya di pipi, maka wajah indah anda akan menjadi terlihat dengan jelas. 


Ilustrasi Rempah, sumber: unsplash Agnieszka Kowalczyk 


Banyak sekali sekarang ini cara untuk menurunkan berat badan atau menghilangkan lemak di tubuh kita. Dari cara yang murah sampai mahal, dari yang sederhana sampai kompleks. Dari mengatur pola makan yang sehat, makan obat-obatan penurun berat badan, olahraga yang ketat sampai ke meja operasi. Semuanya bisa dilakukan dan sah-sah saja. 

Dari berbagai cara di atas juga memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, tentunya juga terkait resiko tiap metode jika tidak dilakukan dengan benar. 

Menurut saya sendiri secara pribadi, cari menurunkan berat badan seharusnya adalah sederhana dan murah sertai memiliki resiko yang paling kecil. Manusia secara kodrati memiliki badan yang proporsional jika dia melakukan kegiatan layaknya seharusnya manusia dan makan makanan yang seharusnya secukupnya dan bergerak aktif secukupnya.

Maka dari itu cara paling tepat adalah dengan mengatur pola makan yang baik, yaitu yang rendah kalori dan rendah lemak, serta memperbanyak gerak aktif sehingga kalori akan terbakar, lemak berkurang dan digantikan dengan masa otot.

Untuk mengakselerasi dan meningkatkan semangat untuk menurunkan berat badan kita butuh tambahan suplemen yang sehat dan alami. Rempah-rempah adalah kuncinya. 

Rempah-rempah memiiki kandungan alami yang tidak hanya menyehatkan namun juga memberikan rangsangan tertentu bagi tubuh sesuai dengan sifat dari rempah tertentu yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa rempah lokal yang bisa dikonsumsi untuk membantu anda untuk menurunkan berat badan.

1. Lada hitam

Lada atau merica adalah bumbu dapur yang tidak akan pernah absen di dapur para emak-emak di dunia. Aroma yang khas tajam dan rasanya yang pedas membuat masakan menjadi lebih lezat.

Lada hitam menurut berbagai studi mampu menjadi agen untuk menurunkan berat badan dengan cara menghambat pembentukan sel lemak dengan komponen dalam lada hitam yang disebut dengan piperin. Dengan terhambatnya pembentukan lemak dalam sel, maka berat badan akan bisa menjadi lebih terkontrol.

2. Jahe

Jahe tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan, namun ternyata juga bisa kita gunakan untuk membantu menurunkan berat badan kita. Dengan mengonsumsi jahe, maka metabolisme tubuh kita akan meningkatkan dan membantu tubuh untuk membakar lemak berlebih.

Baca juga: Saenggangcha 생강차 : Teh Jahe ala Korea

3. Ginseng

Gingseng adalah rempah yang biasa digunakan untuk pengobatan cina tradisional dalam menangani berbagai penyakit. Berkaitan dengan masalah berat badan ginseng berperan dalam pencernakan kita. Ginseng mampu mesntabilkan penyerapan lemak dalam pencernakan sehingga asupan lemak dalam tubuh akan terkendali walaupun kita mengonsumsi lemak. Walaupun begitu, gak juga terus kita makan makanan berlemak semau kita juga., secukupnya saja.

4. Temulawak

Temulawak adalah rempah tradisional yang sudah lama digunakan oleh orang-orang di nusantara untuk menjaga kesehatannya. Ternyata temulawak juga berperan dalam menjaga berat badan kita. Kandungan curcumin dalam temulawak mampu memblok atau menahan pembentukan lemak dalam tubuh sehingga cocok digunakan untuk suplemen diet.

5. Cabai

Dalam cabai terkandung zat yang disebut dengan capsaicin, yang berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme tubuh maka akan semakin banyak lemak yang akan terbakar sehingga mempercepat penurunan berat badan.

Selain itu capsaicin juga membantu kita untuk menekan rasa lapar berlebih dengan menurunkan tingkat ghrelin, hormon yang bertanggung jawab terhadap rasa lapar kita. Dengan begitu kita akan menjadi kenyang secukupnya ketika makan, dan rasa lapar kita akan turun dibanding saat kita jarang makan cabai.

6. Kayu manis

Rempah yang kaya antioksidan ini mampu menstabilkan gula darah di dalam tubuh kita jika kita mengonsumsinya. Dengan stabilnya gula darah dalam tubuh kita, maka kebutuhan asupan gula dalam makanan akan terkendali jadi kita tidak mudah lapar. Dengan begitu akan sangat membantu kita untuk menurunkan berat badan kita.

7. Bawang putih

Bahan dapur yang juga tidak pernah absen di dapur emak-emak ini ternyata juga berperan dalam menurunkan berat badan. Tidak hanya melezatkan makanan, bawang putih juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kita. Mengonsumsi cukup bawang putih akan membantu menurunkan lemak dalam darah. Selain menurunkan lemak dalam darah, bawnag putih juga mampu menurunkan tekanan darah. 


Demikian beberapa informasi mengenai manfaat rempah untuk menurunkan berat badan kita. Rempah-rempah yang saya cantumkan di atas merupakan rempah yang sangat mudah kita temui di dapur kita. Ternyata untuk memperoleh suplemen dalam membantu program diet kita itu mudah sekali.


Saran pengonsumsian rempah:

Untuk mengonsumsinya rempah di atas dalam program diet kita, kita tidak perlu berlebihan dalam penggunaannya. Pengonsumsiannya pun tidak perlu peratian khusus seperti minum obat. Kita cukup menambahkan takaran saja dalam makanan kita sehari-hari sampai cukup berasa rempah. Tidak kurang dan tidak lebih. Dengan begitu sudah cukup bagi rempah itu untuk memberikan pengaruh dalam badan kita. Coba deh.


Posting Komentar