Mengenang Jamu Beras Kencur, Jamu Penambah Selera Bocil

Kencur (Kaempferia galanga) familiar di telinga saya ketika dicampur dengan beras kemudian muncullah produk jamu dengan nama beras kencur.

Jamu beras kencur yang diual ibu-ibu penjual jamur tidak hanya terdiri dari beras dan kencur saja, tetapi umumnya ada tambahan bahan lain agar lebih ramah dengan mulut anak-anak kecil. 

Bahan lain untuk tambahan jamu beras kencur adalah bahan yang memiliki fungsi sebagai penambah rasa manis dan aroma, seperti gula merah dan pandan wangi. 

Ilustrasi beras kencur, sumber gambar: doktersehat.com

Salah satu manfaat dari jamu beras kencur adalah meningkatkan nafsu makan dan menaikkan imun tubuh, sehingga jika diberikan kepada anak-anak akan sangat bagus sekali untuk kesehatan.

Jamu beras kencur dari jaman dahulu sudah dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh dan sampai sekarang pun masih tetap dimanfaatkan, hanya saja telah berubah cara pembuatan, penyimpanan dan cara mengonsumsinya.

Jika jaman dahulu dibuat dengan cara konvensional tradisional, sekarang dengan cara yang modern dan instan. 

Jamu beras kencur biasanya disajikan dengan jamu yang lain. Di sini fungsi jamu beras kencur adalah sebagai penetral mulut ketika sebelumnya mengonsumsi jamu yang memiliki rasa pahit dan aroma yang kurang enak di penciuman.

Baca juga: Rempah Dapur Penghancur Lemak

Saya teringat ketika waktu kecil dibawa oleh bapak ibuk saya ke tukang penjual jamu. 

Mungkin pada waktu itu saya kurang lahap makan dan sering sakit, maka cara alami dan paling mudah adalah dengan dicekoki jamu.

Sampai di tempat tukang jamu saya dipegangi bapak dan disuruh mangap. Seketika itu bapak penjual jamu membawa segenggam kain dan diperasnya jamu di dalamnya. Ngucurlah itu air jamu menuju ke mulut saya.

Rasanya tidak enak, jelas, karena jamu dan saya tiidak tahu itu jamu apa.

Nah selesai itu saya langsung dikasih jamu beras kencur yang manis sama satu lagi mungkin adalah larutan gula jawa yang manis. 

Menenggak jamu beras kencur pada waktu itu sudah cukup membuat mood saya naik lagi setelah harus dipaksa mangap menenggal jamu pahit. Rasanya enak dan cukup menetralkan mulut.

Baca juga: Tips Memilih Bibit Lele yang Bagus bagi Pemula

Jaman sekarang sudah lebih mudah untuk menemukan jamu beras kencur, tidak perlu nunggu sore atau malam ketika warung jamu buka, cukup ke toko jamu atau ke minimarket. Jamu beras kencur instan sudah banyak yang menyediakan.

Semua perubahan yang semakin modern ini sangat patutlah untuk disyukuri, karena sekarang ini sebenarnya untuk membuat badan semakin sehat adalah lebih mudah lagi. 


Posting Komentar