Tips Cara Menghilangkan Sariawan dengan Mudah dari Bahan yang Ada di Dapur

Sariawan adalah hal yang cukup menjengkelkan bagi kita semua. Luka kecil di bibir itu tidak hanya terasa sakit, namun juga membuat selera makan hilang. 

Tidak hanya di bibir, terkadang sariawan juga muncul di gusi. Letak sariawan yang paling tidak mengenakkan adalah di lidah. Nah, di lidah itulah sariawan yang paling menyakitkan dan menjengkelkan.

Sudah membuat kerja atau belajar kita menjadi tidak fokus, ditambah lagi menjadikan diri stress karena rasanya yang tidak menyenangkan. Apalagi kalau tidak kunjung sembuh. Kita berasa seperti disiksa saja.


Ilustrasi Sariawan, sumber gambar: medicalnewstoday.com


Penyebab Sariawan

Penyakit ini penyebabnya bermacam-macam. Valley ridge dental centre menyebutkan beberapa contoh umum penyebab sariawan adalah rasa cemas, stress, bibir atau bagian dalam mulut yang tergigit. 

Health line menyebutkan sedikit lebih rinci beberapa contoh penyebab sariawan yaitu:

1. Kekurangan vitamin esensial seperti B-12, zink, folat dan zat besi

2. Respon alergi

3. Luka dalam mulut karena tergigit, penyikatan gigi yang terlalu keras, kecelakaan dan sebagainya.

4. Perubahan hormonal dan atau emosional seperti stress

5. Bakteri, jamur dan atau virus

Baca juga: Beberapa Manfaat dari Lada Hitam (Black Pepper)

Penanganan Sariawan

Bagi kita yang sibuk dalam pekerjaan kita sehari-hari, cara penanganan sariawan paling mudah adalah mampir ke apotek, kemudian minta saran kepada apotekernya untuk mencarikan obat atau vitamin yang tepat. 

Begitu kita dapat obat dan vitamin itu, tinggal kita konsumsi saja dan tunggu sariawan sembuh dengan sendirinya

Namun demikian, beberapa orang butuh waktu yang lama untuk sembuh bukan dikarenakan tidak memakan obat, tetapi karena gaya hidupnya yang tidak sehat. 

Maka obat paling mujarab untuk sebuah penyakit adalah sebuah kesadaran untuk hidup sehat dan meninggalkan gaya hidup tidak sehat.

Berikut ini beberapa penanganan sariawan yang cukup simpel dengan menggunakan bahan-bahan yang sangat familiar ada di sekitar kita yang dikutip dari pharma easy dan tua saude:

1. Berkumur dengan air garam

Ambil setengah sendok teh garam lalu larutkan dalam segelas atau 3/4 gelas air hangat. Kumur-kumur mulut kita dengan cairan itu. Lakukan itu beberapa kali seperti kita menggosok gigi atau selepas makan. 

Air garam adalah disinfektan ramah yang mampu membersihkan mulut kita dari berbagai bakteri yang tidak menguntungkan mulut kita. Dengan semakin bersihnya mulut kita makan akan semakin cepat penyembuhan sariawan.

2. Meminum teh hitam

Teh hitam memiliki kandungan antioksidan dan tannin yang berfungsi sebagai zat yang bisa membersihkan kotoran di mulut kita. Dengan mulut yang semakin bersih maka luka akan semakin sembuh dengan cepat.

Selain itu karena teh hitam itu enak rasa dan baunya, maka rasa stress akan sakit sariawan akan semakin berkurang.

3. Mengunyah cengkeh

Cengkeh memiliki sifat antiseptik dan analgesik. Ini berarti bahwa cengkeh bisa membersihkan mulut dari bakteri jahat sekaligus mengurangi atau meredakan nyeri atau sakit.

4. Membuat pasta baking soda

Membuat pasta dari baking soda dengan cara mencampurkannya dengan sedikit air, sedikit demi sedikit hingga menjadi pasta seperti pasta gigi. Selanjutnya oleskan sedikit pasta itu ke sariawan dan biarkan beberapa saat. Pasta baking soda berfungsi membersihkan luka dari kotoran dan bakteri

5. Pasta gigi

Fungsi dari pasta gigi hari ini banyak yang sudah bisa menghilangkan mikroba. Selain itu dengan pasta gigi mulut kita akan semakin meningkat PH nya, sehingga tidak asam

Selain itu sensasi dingin dan bersihnya akan membuat kita menjadi semakin nyaman.

6. Minyak kelapa atau VCO

Oleskan minyak kelapa ke sariawan anda, biarkan beberapa saat. Minya kelapa memiliki zat yang disebut asam laurat. Zat ini memiliki sifat anti jamur dan anti mikroba alami sehingga bisa menjadi obat sariawan

7. Madu

Madu selain enak rasanya karena manis namun juga memiliki kemampuan menyembuhkan.  Mengonsumsi madu saat sariawan sangat disarankan. Apalagi jika digunakan sebagai pengganti gula meja

8. Bawang putih

Dalam bawang putih terkandung zat yang disebut dengan allisin. Zat ini memiliki sifat antimikroba. Dengan mengonsumsi bawang putih, terutama yang masih mentah maka jumlah mikroba jahat akan semakin sedikit.

9. Jus kubis

Admin blog sarempah.com juga baru tahu bahwa kubis memiliki sifat anti inflamasi. Itu artinya radang akibat sariawan yang menjadikan sakit atau tidak nyaman itu bisa terreduksi atau berkurang. 

Kubis bisa dikonsumsi dengan cara dibuat jus sebagai alternatif kalau memakannya selayaknya sayuran biasa terlalu mengenyangkan kalau terlalu banyak.

Demikian penjelasan tentang sariawan dan beberapa bahan sederhana yang bisa digunakan untuk penanganannya. Semoga bermanfaat yaa pembaca situs sarempah.com

Posting Komentar