Begonia Makanan Penting Bagi Survivor, Tanaman Peneduh Mata Bagi Pecinta Tanaman Hias

Dalam benak saya ketika mendengar kata begonia adalah makanan survival yang akan kita cari ketika berada dalam kondisi survival/bertahan hidup di hutan. 

Batang begonia yang rasanya seger-seger agak kecut itu bisa kita konsumsi untuk mengganjal perut kita ketika kita sudah kehabisan persediaan makanan. Kita bisa memotong daunnya menguliti batangnya, baru dimakan.  

Daripada mati kelaparan, mending makan makanan yang telah disediakan oleh alam. Pun jumlahnya melimpah. 

Maklumkanlah saya, seorang mantan aktivis pecinta alam waktu masih kuliah di kampus dahulu. Jadi tumbuhan begonia yang liar di hutan itu dalam benak saya hanya sebatas makanan penyambung nyawa.

Begonia, sumber gambar jabar.idntimes.com

Biasanya dalam hutan dalam latihan survival, kita bisa temui begonia dan pakis ekor monyet. Dua tumbuhan itulah sepaket survival di hutan hujan indonesia. Waktu itu saya temui kedua tanaman itu saat diklatsar di lereng gunung merapi sisi selatan sebelum erupsi merapi pada tahun 2010.

Baru-baru ini saja saya mengetahui begonia itu ternyata memiliki beragam jenis dan beragam corak, sehingga banyak orang memanfaatkan tumbuhan ini sebagai tanaman penghias.


Manfaat begonia bagi kesehatan

Jika membicarakan mengenai manfaat begonia bagi kesehatan, tentu tidak bisa kita lanjut pembahasannya tanpa mengetaui bahan kimia apa sih yang terkandung di dalamnya.

Dilansir dari drhealthbenefits berikut ini adalah beberapa kandungan kimia yang ada dalam tanaman begonia:

1. Vitamin C

2. Fenol/Carbolic acid

3. Flavonoid

4. Kalsium

5. Magnesium

6. Saponin

7. Alkaloids

Dengan mengetahui kandungan bahan kimia yang ada dalam tanaman begonia ini, maka kita bisa mengetahui rentang mana dari tanaman ini bisa kita manfaatkan sebagai bahan pengobatan untuk kesehatan kita.

Baca juga: Ternyata Bidara dan Betadine Sama Efektif dalam Penyembuhan Luka: Hasil Penelitian 

Berikut beberapa manfaat begonia bagi kesehatan manusia yang telah saya rangkum:

1. Obat flu. 

2. Baik untuk sistem pencernakan

3. Mencerahkan kulit

4. Mempercepat pembekuan darah

5. Mengobati radang tenggorokan/ brronkhitis

6. Baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi

7. Baik untuk pengobatan rematik/arthritis

8. Baik untuk pengobatan disentri

9. Mengobati sariawan

10. Mengobati batuk

11. Mengobati rematik 

12. Mengobati keputihan

13. Baik untuk haid tidak teratur

14. Mengobati kandidiasis

15. Mengobati muntah darah

16. Meredakan pembengkakan/nyeri/inflamasi

17. Meredakan gejala asma


Begonia sebagai tanaman hias

Tak hanya bagus untuk kesehatan manusia jika dikonsumsi, ternyata begonia juga memiliki tampang yang cukup menarik sehingga tanaman ini juga bagus untuk kesehatan mental kita.

Dilansir dari ensiklo tanaman yang masuk dalam genus Begoniaceae ini hidup di area ketinggian 200-1200 mdpl dalam kondisi yang teduh dan lembab. Maka tanaman ini cukup cocok dan melimpah di hutan hujan indonesia khususnya daerah kaki-kaki gunung atau daerah berbukit-bukit dataran tinggi.

Tanaman ini memiliki ukuran tinggi dari 15-65 cm, berdaun tunggal berbulu sedikit dan menghasilkan bunga yang berbeda-beda pada tiap jenisnya. Begonia bisa dikembangbiakan menggunakan tunasnya atau dengan bijinya.

Berikut ini adalah beberapa penampakan bunga begonia dari thespruce:


Begonia
Begonia samperflorence
Begonia Tuberhybrida/dusty rose

Begonia Tuberhybrida/yellow mocca

Bagus-bagus kan penampakan bunga begonianya. Tidak hanya sehat jika dikonsumsi, begonia juga nikmat untuk dipandang, sehingga mental kita juga bisa menjadi sehat.

Posting Komentar