Beberapa Manfaat dari Lada Hitam (Black Pepper)

Lada hitam atau yang biasa disebut dengan merica sebenarnya mengandung lebih banyak nutrisi. Bahkan, mengandung sejumlah besar vitamin A dan kaya akan vitamin C dan K. Nutrisi lain yang ada dalam lada hitam termasuk tiamin, vitamin B2, vitamin B9, kalsium, dan tembaga.


Ilustrasi Lada Hitam. Sumber: freepik


Lada hitam juga  yang biasa digunakan untuk bahan masakan ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan loh! Yuk simak beberapa manfaat dari lada hitam yang jarang diketahui :

1. Membantu meredakan flu

Manfaat lada hitam dapat diperoleh sebagai pereda gejala flu. Rasa pedas pada lada hitam dapat bekerja sebagai dekongestan alami dan merangsang pembentukan lendir untuk membersihkan saluran napas.

2. Menyehatkan  Kinerja Otak

Manfaat lada hitam memiliki efek besar pada kesehatan otak. Piperin dalam lada menghambat satu enzim yang memecah serotonin, neurotransmitter yang menenangkan. Enzim ini juga menurunkan fungsi hormon lain yang disebut melatonin yang mengatur siklus tidur. Piperin juga memiliki manfaat dalam penanganan penyakit Parkinson dan alzheimer.

3. Menurunkan Kolestrol

Konsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Seperti pada umumnya Kolestrol ini bisa didapatkan dari minyak, susu, kulit ayam dll. 

Jangan khawatir, kini lada hitam menjadi salah satu ramuan yg dapat menurunkan Kolestrol, Kandungan piperin yang ditemukan dalam lada hitam dapat membantu meningkatkan kinerja metabolisme dan mencegah penumpukan lemak dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca juga:  Peran Lada Hitam dalam Penyerapan Curcumin Temulawak Oleh Tubuh

4. Meningkatkan sistem pencernaan

Meski sering dianggap sepele, gangguan pada sistem pencernaan ringan yang tidak diatasi dapat menyebabkan kondisi yang serius dan kronis. 

Lada hitam adalah salah satu obat tradisional yang dapat meningkatkan sistem pencernaan, Senyawa piperine yang terkandung pada lada hitam dapat membantu produksi enzim dan meningkatkan penyerapan nutrisi kalium, selenium, vitamin B, beta-karoten, dan ion metionin di usus.

5.  Mengontrol Gula Darah

Pada sebuah studi mengungkapkan bahwa minyak lada hitam dapat menghambat enzim amilase dalam memecah pati menjadi glukosa. Manfaat ini sangat berpengaruh bagi penderita diabetes tipe 2 karena dapat membantu menjaga kadar gula darah dan menunda penyerapan glukosa.


Demikianlah macam-macam manfaat dari Lada hitam. Walau bentuknya yg mungil dan kecil tapi dia kaya akan manfaatnya..



Posting Komentar