Makanan Sumber Vitamin D

Pengertian Vitamin

Vitamin adalah substansi organik yang ada di dalam makanan alami, yang dibutuhkan oleh kita dalam jumlah kecil untuk membantu berbagai macam proses yang ada di dalam tubuh. 

Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin yang cukup adalah dengan makan makanan yang mempunyai nilai gizi yang seimbang, sesuai yang disarankan oleh para ahli gizi. Makanan itu berupa daging, sayur, sumber karbohidrat, buah-buahan dan susu.

Vitamin memiliki banyak jenis. Salah satu jenisnya adalah Vitamin D. 

Vitamin D termasuk salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Dalam tubuh manusia vitamin D ini biasa disimpan dalam organ atau bagian tubuh yang mengandung lemak. 

Vitamin D membantu tubuh manusia dalam menyerap kalsium. Kalsium adalah salah satu komponen penting dalam membangun tubuh manusia khususnya tulang. Kekurangan kalsium bisa memicu muncul penyakit yang berhubungan dengan tulang, misalnya osteoporosis.


Sumber vitamin D.

Sumber vitamin D dibagi menjadi 2, yaitu internal, yang berasal dari dalam tubuh manusia dan eksternal, yang berasal dari luar tubuh manusia. 

1. Internal

Sumber terbaik vitamin D adalah dari dalam tubuh manusia. Vitamin D akan disintesis dalam tubuh manusia ketika kulit kita terkenal cahaya matahari. 

Maka dari itu sangat dianjurkan bagi setiap orang, terkhusus usia menengah ke atas agar berkegiatan di luar ketika matahari terbit sehingga akan terkena cukup sinar matahari. 

Matahari pagi ketika fajar menyingsing sampai sekitar pukul 9.30 masih cukup menyenangkan bagi tubuh karena hangat. Namun ketika matahari semakin terik maka akan terlalu panas dan paparan UV terlalu tinggi.

Bahan baku vitamin D di kulit ketika terkena sinar matahari adalah kolesterol. Maka dari itu, ada dua manfaat yang didapat ketika kita berjemur, yaitu membentuk vitamin D dan menurunkan kolesterol.


2. Eksternal

Sumber vitamin D kedua yaitu yang berasal dari luar tubuh manusia. Sumber ini bisa kita dapatkan dari dua cara, yaitu dari makanan dan suplemen. 


Daging salmon, envanto element by gresei


Beberapa sumber vitamin D dari makanan adalah berasal dari daging-dagingan, seperti

- Ikan salmon

- Kuning telur

- Ikan tuna

- Minyak ikan

- Jamur dan lain sebagainya

Baca juga: Tips Cara Menghilangkan Sariawan dengan Mudah dari Bahan yang Ada di Dapur

Beberapa makanan instan juga sudah difortifikasi dengan vitamin D, misalnya susu kemasan. Tentu hal itu menjadi salah satu alternatif bagi beberapa orang yang sedang dalam kerepotannya. 

Namun serepot apapun, kesehatan adalah hal yang sangat penting. Lebih baik banyak kerepotan dalam menjaga kesehatan daripada kerepotan dalam penyakit. 

Posting Komentar